Laporan akhir 2 M1



Percobaan 6
Switch SPDT dan LCD

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Variasikan tombol yang ditekan dan amati keluarannya pada LCD
  • Hardware
 1. Arduino Uno

    2. Switch SPDT

    3. LCD


    4. Kabel jumper

    5. Breadboard


    6. Potensiometer

  • Diagram Blok


  • Rangkaian Simulasi

  • Prinsip Kerja
Dalam percobaan ini, kami menggunakan 8 Switch SPDT untuk mengatur input dan menampilkan outputnya melalui LCD yang terhubung dengan Arduino Uno. Setiap Switch SPDT telah diberi input berupa nama warna yang sesuai dengan codingan arduino tersebut. Ketika salah satu Switch ditekan, LCD akan menampilkan nama warna yang sesuai pada codingan arduino tersebut.

  • Flowchart
  • Listing Program 
#include <LiquidCrystal.h>
#define PB1 A0
#define PB2 A1
#define PB3 A2
#define PB4 A3
#define PB5 A4
#define PB6 A5
#define PB7 1
#define PB8 2
const int rs = 13, en = 12, d4 = 9, d5 = 8, d6 = 7, d7 = 6;
LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);
bool Button1,Button2,Button3,Button4,Button5,Button6,Button7,Button8;

void setup() {
 Serial.begin(9600);
 lcd.begin(16,2);
 pinMode(PB1, INPUT);
 pinMode(PB2, INPUT);
 pinMode(PB3, INPUT);
 pinMode(PB4, INPUT);
 pinMode(PB5, INPUT);
 pinMode(PB6, INPUT);
 pinMode(PB7, INPUT);
 pinMode(PB8, INPUT);
}

void loop() {
 Button1 = digitalRead(PB1);
 Button2 = digitalRead(PB2);
 Button3 = digitalRead(PB3);
 Button4 = digitalRead(PB4);
 Button5 = digitalRead(PB5);
 Button6 = digitalRead(PB6);
 Button7 = digitalRead(PB7);
 Button8 = digitalRead(PB8);

 if(Button1==HIGH & Button2==HIGH & Button3==HIGH & Button4==HIGH & Button5==LOW &
Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("LEI");
 }
 else if(Button1==LOW & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==HIGH &
Button6==HIGH & Button7==HIGH & Button8==HIGH){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("DTE");
 }
 else{
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Error");
 }
 delay(100); // Tambahkan penundaan agar tampilan tidak berubah terlalu cepat
}


6. Kondisi [Kembali]

 Ketika salah satu dari 8 switch diklik maka akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan warna switch yang diklik tersebut pada LCD.


7. Download File [Kembali]

HTML klik disini

- Gambar Hardware  klik disini

- Gambar Simulasi  klik disini

- Video Demo  klik disini

- Listring Program  klik disini









UTS 3

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan 2. Alat dan Bahan 3. Dasar Teori 4. Percobaan 5. Video 6. Download File...